Jumat, 12 November 2010

Komputer Pertama Apple Buatan Steve Jobs Dilelang

Komputer Apple yang satu ini memiliki nilai sejarah begitu tinggi. Apple 1, demikian namanya, adalah komputer yang pertama kali diproduksi Apple pada tahun 1976.

Komputer itu dilelang di Inggris menggandeng rumah lelang terkemuka, Christie. Diharapkan, Apple 1 dapat terjual antara USD 160.000-USD 240.000 atau sekitar Rp 1,4 miliar sampai Rp 2,1 miliar.

Kala dijual pada tahun 1976, harganya mencapai USD 666. Jelas, jangan coba memperbandingkannya dengan komputer zaman sekarang. Memori pun hanya 8K, tak cukup untuk sekadar menyimpan satu lagu digital.

Dikutip detikINET dari Times of India, Jumat (12/11/2010), komputer yang dijual dari garasi rumah ayah Steve Jobs ini dilelang dalam kondisi lengkap. Bentuknya masih orisinal, ada instruksi manual dan terdapat pula tanda tangan Jobs.

Sekitar 200 komputer Apple 1 dibuat pada  tahun 1976, namun hanya beberapa yang masih eksis saat ini. Karenanya, Apple 1 bisa dikategorikan amat langka.

"Komputer ini adalah pelopor iPod, iPad sampai iPhone. Dengannya, Anda dapat melakukan pemrograman dan bisa disebut sebagai kalkulator berperforma tinggi," demikian keterangan rumah lelang Christie.

Apple 1 dirancang oleh Jobs dan pendiri Apple lainnya, Steve Wozniak. Pelelangan bakal dilakukan di Inggris pada 23 November mendatang.

Sumber: www.detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar