Jumat, 08 Oktober 2010

Prasasti Tamansari Diduga Berkaitan dengan Candi Bojongmenje

Prasasti yang ditemukan di Kampung Cimaung RT 07 RW 07 Kelurahan Tamansari Kecamatan Bandung Wetan, yang ditemukan Selasa (5/10/2010) diperkirakan ada kaitannya dengan Candi Bojongmenje di Cicalengka.

Namun hal itu masih perlu dilakukan penelitian untuk memastikan korelasi antara keduanya.

"Asumsi sementara, prasasti dan Candi Bojongmenje itu diperkirakan berasal dari abad yang sama, yakni sekitar abad 14," ujar Peneliti Utama Balai Arkeologi Bandung, Lutfi Yondri, saat dihubungi detikbandung melalui telepon selular, Jumat (8/10/2010).

Lutfi menjelaskan, prasasti tersebut berisi peringatan dari suatu pemerintahan terhadap masyarakat. Sementara kerajaan yang ada di kisaran abad 14 adalah kerajaan Kendan. Antara Kerajaan Kendan, Candi Bojongmenje dan prasadti tersebut diduga memiliki satu keterkaitan.

Lebih lanjut kata Lutfi, untuk meneliti hal itu, diperlukan kajian toponimi atau menghubungkan nama maupun benda temuan dengan artefak yang sudah ada sebelumnya.

Lutfi mengatakan, dikawasan cekungan Bandung sebelumnya pernah ditemukan beberapa benda bersejarah. Misalnya ada arca di Cikapundung, Candi Bojongmas, Candi Bojongmenje dan lainnya.

"Sekarang ini kan baru asumsi saja, makanya kajian tersebut harus dilakukan, agar bisa diketahui prasati tersebut berasal dari mana," tandasnya.

Sumber: www.detik.com

1 komentar:

  1. ah bung yondri jadi pengamat sejarah teh kadang kurang tepat misal kan dulu prnah tida percaya situs goa pawon peninggalan prasejarah

    BalasHapus