Jumat, 17 September 2010

10 Misteri Yang Terabaikan Dalam Sejarah

Manusia telah dapat memecahkan misteri-misteri besar dunia melalui ilmu pengetahuan, namun beberapa misteri kuno masih ada yang belum dapat terpecahkan. Berikut ini sepuluh misteri kuno yang tidak terpecahkan sampai sekarang. Apakah Anda punya teori yang mungkin memecahkan salah satu misteri? Jika demikian, beritahu di komentar!

10. Rongorongo
Sementara banyak orang mengetahui tentang Moai Pulau Paskah, tidak banyak orang tahu misteri lain yang terkait dengan Pulau Paskah. 'Rongorongo' adalah bahasa tulisan hiroglif penduduk sebelumnya di wilayah itu.

Rongorongo terlihat aneh karena pada masa itu tidak ada orang lain di pulau tetangga yang menggunakan bahasa tertulis. Tulisan ini muncul sekitar tahun 1700-an, meskipun sayangnya hilang setelah penjajah awal Eropa melarangnya karena hubungannya dengan akar pagan pulau asli.

9. Lost City of Helike
Pada akhir abad ke-2 AD, Pausanias penulis Yunani menulis sebuah pembukuan tentang bagaimana (400-500 tahun sebelumnya?) dalam satu malam gempa kuat menghancurkan kota besar Helike, dengan Tsunami menyapu apa yang tersisa dari metropolis yang sangat makmur.


Kota, ibukota Liga Achaean, adalah pusat ibadah dikhususkan untuk Poseidon dewa kuno, dewa laut. Tidak ada jejak dari masyarakat legendaris tersebut di luar tulisan-tulisan Yunani kuno sampai 1861, ketika seorang arkeolog menemukan harta dan beberapa diduga berasal dari Helike - koin perunggu dengan kepala Poseidon. Pada tahun 2001, sepasang arkeolog berhasil menemukan reruntuhan Helike di bawah lumpur dan kerikil pantai, dan saat ini mencoba untuk mengumpulkan data bagaimana naik dan jatuhnya tiba-tiba dari apa yang disebut "Atlantis" sebenarnya.

8. The Bog Bodies
Misteri ini bahkan mungkin menjadi masalah bagi mereka peneliti legendaris dari CSI dan sejenisnya! The bog ratusan tubuh mayat kuno yang ditemukan terkubur di sekitar rawa utara dan lahan basah Eropa Utara.

Mayat-mayat tersebut sangat terawat, beberapa berumur sekitar 2.000 tahun. Banyak dari mayat-mayat ini memiliki tanda luka yang mengisahkan penyiksaan dan "kesenangan" abad pertengahan, yang telah membuat beberapa peneliti mendalilkan bahwa korban malang adalah hasil dari pengorbanan ritual.

7. Fall of the Minoans
The Minoans sangat terkenal dengan legenda Theseus dan Minotaur, tetapi sebenarnya kehancuran dari peradaban sangat makmur ini yang lebih menarik. Sementara banyak sejarawan berkonsentrasi pada jatuhnya Kekaisaran Romawi, jatuhnya Minoans, yang tinggal di pulau Kreta, adalah sama, dan bukanlah misteri yang lebih besar.

Tiga dan seribu setengah tahun yang lalu pulau itu terguncang oleh letusan gunung api besar di pulau tetangga Thera. Arkeolog menggali buku catatan yang telah menunjukkan bahwa Minoans tetap ada selama 50 tahun setelah letusan, sebelum akhirnya gulung tikar. Teori terakhir berkisar antara abu vulkanik yang menyeliputi pulau dan gagal panen besar yang semakin melemahkan masyarakat yang akhirnya diambil alih oleh penjajah Yunani.

6. The Carnac Stones
Setiap orang telah mendengar tentang Stonehenge, tetapi sedikit mengetahui Stones Carnac. Ini adalah 3.000 batu megalitik diatur dalam garis sempurna dengan jarak 12 kilometer di pantai Brittany di Utara-Barat Perancis.

Mitologi sekitar batu mengatakan bahwa masing-masing batu adalah seorang tentara dalam legiun Romawi yang dirubah menjadi batu oleh penyihir Merlin. Upaya penjelasan ilmiah menunjukkan bahwa batu mungkin digunakan sebagai detektor gempa yang rumit. Identitas orang Neolitik yang membangun jajaran batu tersebut tidak diketahui.

5. Who Was Robin Hood?
Pencarian sejarah tentang pencuri legendaris Robin Hood telah berujung pada berbagai macam nama yang mungkin. Salah satu calon termasuk Yorkshire buronan Robert Hod, juga dikenal sebagai Hobbehod atau Robert Hood dari Wakefield.

Banyak dugaan rumit bermunculan dan lebih lanjut bahwa nama Robin Hood menjadi istilah umum untuk penjahat. Saat literatur dan sastra mulai menambahkan karakter baru untuk kisah seperti Pangeran John dan Richard the Lionheart jejak menjadi lebih tidak jelas. Sampai hari ini tidak ada yang tahu siapa sebenarnya kriminal ini.

4. The Lost Roman Legion
Setelah Parthia mengalahkan tentara Jendral Romawi Crassus yang berprestasi rendah, legenda mengatakan bahwa sebuah band kecil dari tawanan perang berjalan melalui padang gurun dan akhirnya ditangkap oleh militer Han 17 tahun kemudian. Abad pertama Cina sejarawan Ban Gu menulis buku tentang konfrontasi dengan tentara aneh sekitar seratus orang yang bertarung dengan "formasi sisik ikan" identik dengan pasukan Romawi.

Seorang sejarawan Oxford yang membandingkan klaim kuno mencatat bahwa legiun romawi yang tersesat mendirikan sebuah kota kecil dekat gurun Gobi bernama Liqian, yang diterjemahkan Cina ke Roma. Tes DNA sedang dilakukan untuk menjawab klaim itu dan mudah-mudahan menjelaskan bagaimana beberapa warga memiliki mata warna hijau, rambut pirang, dan menyukai perkelahian manusia melawan banteng.

3. The Voynich Manuscript
Naskah Voynich merupakan dokumen abad pertengahan yang ditulis dalam sebuah skrip yang tidak diketahui dan dalam bahasa yang tidak diketahui. Selama lebih dari seratus tahun orang telah mencoba untuk memecahkan kode tersebut namun tidak berhasil.

Kesan keseluruhan yang diberikan oleh beberapa lembar naskah yang selamat tersebut menunjukkan bahwa itu dimaksudkan sebagai farmakope atau pembahasan mengenai topik dalam kedokteran modern abad pertengahan atau awal. Namun, ilustrasi dengan rincian membingungkan telah memicu banyak teori tentang asal-usul buku, isi teks, dan tujuan yang dimaksudkan. Dokumen tersebut berisi ilustrasi yang menyarankan buku ini dalam enam bagian: Herbal, Astronomi, Biologi, kosmologis, Farmasi, dan resep.

2. The Tarim Mummies
Penemuan yang menakjubkan mumi berusia 2.000 tahun di cekungan Tarim Barat Cina terjadi pada awal tahun 90-an. Tetapi lebih menakjubkan dari penemuan itu sendiri adalah fakta mencengangkan bahwa mumi itu berambut pirang dan berhidung panjang. Pada tahun 1993, Victor Mayer seorang profesor perguruan tinggi mengambil contoh DNA dari mumi dan hasil tes nya memverifikasi bahwa mayat-mayat itu semua genetik keturunan Eropa.

Teks-teks kuno Cina dari sejak milenium pertama sebelum masehi memang menyebutkan kelompok-kelompok pemukiman di timur jauh bule yang dikenal sebagai Bai, Yeuzhi, dan Tokharia. Walaupun tidak ada penjelasan sepenuhnya yang mengungkapkan bagaimana atau mengapa orang-orang ini bisa sampai di sana.

1. Disappearance of the Indus Valley Civilization
Masyarakat kuno Lembah Indus, peradaban tertua yang dikenal di India memiliki budaya yang membentang dari Barat India ke Afghanistan dan rakyat dengan populasi lebih dari 5 juta. le-India-peradaban tertua yang dikenal itu adalah rangkaian jaman perunggu yang mengesankan dan tampaknya merupakan sistem sanitasi.

Mereka adalah budaya maju yang higienis dengan sistem pembuangan air yang sangat maju, dan tempat mandi yang dibangun sangat rapi. Sampai saat ini tidak ada bukti arkeologi adanya tentara, budak, konflik, atau aspek lain dari masyarakat kuno ini. Tidak ada yang tahu di mana peradaban ini pergi.

Sumber : www.listverse.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar